Hanami (花見)

Episode 1 (24 April, 2012 @Katahira campus, Tohoku University)

Karena teman saya ada kelas Kanji, sementara hari masih terlalu siang untuk pulang ke kos-kosan, akhirnya saya memilih jalan-jalan sendiri ke Katahira menggunakan bis kampus yang (entah kenapa) selalu datang dan pergi tepat waktu sesuai jadwal! (setau saya nyaris tak pernah telat lebih dari 5 menit). Perjalanan dari Kawauchi—tempat saya mengikuti kelas Bahasa Jepang—ke Katahira dengan menggunakan bis kampus membutuhkan waktu ±12 menit, tapi kalau jalan kaki bisa 40-50 menit atau bahkan satu jam lebih tergantung banyak faktor (ex: cuaca, umur, jenis kelamin, kondisi kesehatan, uang, dkk).

Ngeeeeeeeng… ciiiiiiiiittt..!! (bis sampai di Katahira). Dan setiap kali sebelum keluar pintu bis, tak lupa saya mengucapkan “arigatou gozaimashita”..  biasanya si pak sopirnya bales “hai! itterashai”  <(^_^)

 

Salah satu bangunan utama di kampus Katahira.

Begitu keluar dari bis saya langsung menuju ke arah taman sambil bersiap-siap mengeluarkan HP untuk njepret sakura. Jumlah pohon sakura di kampus Katahira tidak begitu banyak, hanya berkisar puluhan, namun tetap saja sayang untuk dilewatkan mengingat kesempatan melihat sakura belum tentu datang dua kali.. Hehe. Oh iya, Katahira campus ini adalah salah satu dari lima kampus-nya Tohoku University, empat kampus yang lain: Kawauchi, Aobayama (tempat ane), Seiryo dan Amamiya. Oke, sekarang saatnya melihat sakura ..

Setau saya ini pohon sakura paling besar di Katahira, lokasinya di tengah taman dan paling sering dikunjungi orang untuk foto-foto.

Orang lain Hanami bareng-bareng, saya cuma bisa mengintip di kejauhan dari balik pohon (-_-)v

Ada beberapa species sakura, salah satunya seperti foto di atas: warna bunganya putih-pink, tangkai bunganya menjuntai ke bawah (bisa dipakai untuk alternatif Harakiri alias gantung diri) (^_^)v

Sejauh mata memandang, ini jenis sakura yang warnanya paling mencolok: pink-kemerahan (cocok untuk hadiah Valentine)

Barangkali sakura jenis ini yang paling banyak terdapat di Jepang, cantik tho? Hehe..

Selain motret sakura, saya juga motret orang terutama anak-anak, karena mereka lucu (Kawai, kalau kata orang Jepang). Saya lihat banyak ibu-ibu membawa anaknya yang masih balita ditaruh di kereta dorong sambil berjalan mengelilingi taman. Ini dia salah satu balita yang saya temui lagi main-main berdua sama ibunya (yang masih kelihatan muda).. Wkwkwk..

Adek sama siapa?” .. sama mamah ..salam ke mamah ya (karo bisik-bisik) ..

Satu lagi ibu-ibu (muda) saya samperin—si ibu lagi duduk sendirian sambil ngeliatin kedua anak laki-lakinya yang tengah bermain kejar-kejaran. Sambil pasang gaya malu-malu saya mendekati si mbak (panggil mbak aja ya berhubung masih muda). “Sumimasen, sashin wa daijoubu desu ka?“, sambil nunjukin HP dan ngasih isyarat mau minta tolong difoto`in. Wkwkwk… bahasa Jepangku ngawurrr! tapi si ibu langsung paham, “Hai! daijoubu desu“. Setelah selesai foto-foto, lalu saya duduk di rerumputan ga begitu jauh dari tempat si mbak tadi. Begitu melihat saya ndelosor di rumput, si mbaknya langsung menawarkan ke saya untuk bergabung di tempatnya (sambil tangannya menunjuk ke plastik biru yang dipakainya untuk duduk). “Yo wes lah lumayan ono konco ngobrol”, pikir saya dalam hati. Hai dozo..“, kata mbaknya sambil menyodorkan kue ke saya (rejeki gak oleh ditolak!). Selanjutnya.. kami ngobrol ringan, sampai akhirnya si mbaknya tanya ke saya “Hitori de..? kanojo wa doko? Indonesiajin, Nihonjin desu ka..?” (Kok dewean ae, pacare ndek endi? arek Indonesia opo Jepang?). Kapok koen!!

Kakak-beradik, Yuijiro (kanan) dan Yohe (kiri) .. Kawai desu neeeeeeee ..

Hanami adalah momen yang indah bagi seluruh warga Jepang, terlebih bagi mereka yang merayakannya bersama kekasih hati, seperti kakek-nenek ini ..

Kekalih mugi tansah pinaringan katentreman ..

Nampang aaaahh.. (^_^)v

Bersambung, Hanami Episode 2 ..

Hanami (花見 => Hana: bunga; Mi: melihat)

“Hanami lebih dari sekedar berjalan-jalan sambil melihat sakura. Hanami adalah menjadi sakura itu sendiri ..”

25 responses to this post.

  1. Posted by kasamago on April 10, 2013 at 4:15 pm

    sugoiii.. jd ngiler, kpn yah ad hanami di indo,
    tamanny itu g nguatin bgt buat slonjoran..

    Reply

  2. wah keren, sukses terus bro!!😀

    Reply

  3. indah sekali ,, coba di indo kaya gt,, hehehe,, pasti banyak yang pacaran deh,, hihi

    Reply

  4. Banyak pengetahuan yang saya dapatkan dari situs Anda, terutama tentang hanami, terima kasih

    Reply

  5. ga sengaja mampir ke blog ini,,hanaminya keren banget.
    すごい
    nice post…

    Reply

  6. indah sekali ya pepohonan di jepang.

    Reply

  7. Posted by iiN on May 19, 2012 at 5:18 am

    Sopiiiiiii kurusan yaaaaa…🙂
    Jd ngiriiiii pgin Liat sakura dr dekat,😦

    Aa’ku lg di Filipine,tp yoo prcm gk dijak,wong dia ajj tugas kantoR,
    Xixixiii..😀

    Reply

  8. Posted by viruz on May 1, 2012 at 9:18 pm

    sukses pi………………….

    Reply

    • amiin, podho2 ta.. slm ng fat lek pethuk, kapanane pas mari dolen teko omahmu karo sumariyono ate mampir ng fat tibake omahe wes petengan.. btw ndk kene akeh wong India, koncoku ono arek Pakistan, dee ngomonge bhs Urdu n ngerti India.. Hehe

      Kabhi-kabhi mere dil mein khayalwa ta hai..

      Reply

  9. Posted by himamhqq on May 1, 2012 at 4:59 pm

    oh brarti hanami iku semacam budaya taunan ngunu a?

    Reply

    • oyi, tradisi kuno (krungu2 jare kaet abad 7M) ..

      Reply

    • gak, ngincipi titik ae (tp mulih langsung mampir ng FamilyMart golek jajan)😀

      Reply

      • Posted by himamhqq on May 1, 2012 at 6:59 pm

        wuih hape ne iphone 4s rek saiki, regone piroan iku hehe

      • emg muncul keterangane a lek ak gw iPhone, opo ngerti teko email? regone deloken dw ndk internet, engko lek tak omongno marakno fitnah.. ndk kene iPhone barang biasa, lagian iki kredit: beasiswaku dipotong/bln gw byr.. Wkwkwk

      • Posted by himamhqq on May 2, 2012 at 4:35 am

        teko properties photo😀 piro giga? sing paling murah 200 USD iyo a? Lapo gak tuku samsung android ae ato merk2 liyo kan luwih murah, ato jgn sampeyan panceng pingin tuku iPhone hehe, internet e lancar brarti

      • mgkn ancen pgn iPhone cz drg tau duwe dadine pgn nyobak, mgkn jg katut arus cz koncoku akeh sing gw iPhone.. 16GB, internet lmyan lancar, downstream sekitar 100-200Kbps, lek connect WiFi ketoke iso lebih.. iPhone rodok ribet transfer n manage file/data’e (opo ancen aku ne sing ndeso)

      • Posted by himamhqq on May 2, 2012 at 6:02 pm

        pancen sampeyan ae sing gaptek😛 iku pulsane paketan bulanan kyk nang kene ta piye?

      • iyo ancen gaptek .. pulsa internete paketan (unlimited) per bln, lek pulsa telf n sms ga ono paket (biaya lgsg ditarik teko rekeningku/bln)

      • Posted by himamhqq on May 3, 2012 at 2:52 pm

        caak iso ngono.. Ojo sering telfon nek ngunu, moro2 duit rekening entek lak soro hahaha, gak kangen indomie goreng a? Ato sambel terasi😛

      • ak gw SoftBank, sms ke sesama Softbank gratis 24jam, telf k sesama gratis dr jam 1pagi-9mlm.. hehe.. dadine per bln mek byr cicilan hp n internet .. ndk kene ono indomie kok, tuku online (diterno) or ndk toko halal.. ak wingi jek tas tuku :p

      • Posted by himamhqq on May 3, 2012 at 3:28 pm

        owalahh, nek sambel terasi, iwak teri😀

Leave a Reply

